Semakin Mentereng Meskipun Hanya Sekelas Pikap Kabin Ganda | REVIEW MITSUBISHI TRITON ATHLETE 2018

Semakin Mentereng Meskipun Hanya Sekelas Pikap Kabin Ganda | REVIEW MITSUBISHI TRITON ATHLETE 2018

By Dimas Hadi

Sebelum masuk Indonesia, D-Cab alias mobil pikap kabin ganda Mitsubishi Triton Athlete ini sudah eksis di Thailand lebih dulu. Tidak hanya sekedar penambahan kosmetik di eksteriornya saja, Triton Athlete yang diperkenalkan di IIMS 2018 kemarin ini juga dibekali fitur-fitur yang tidak ada di Triton biasa. Kendati demikian, Triton Athlete otomatis jadi varian flagship alias tipe tertinggi.

Sedikit menengok ke varian lain di bawahnya, Mitsubishi Triton tersedia dalam 4 tipe, yaitu Exceed AT 4x4, Exceed MT 4x4, GLS MT D-Cabin 4x4 dan HDX MT D-Cabin 4x4.

Memang Triton sebagai pikap kabin ganda kerap digunakan untuk kebutuhan niaga atau pertambangan, tapi ternyata Mitsubishi melihat peluang lain di tengah masyarakat selaku konsumen. Triton atau pikap kabin ganda juga acap kali digunakan untuk para penghobi kegiatan outdoor. Dari itu, Mitsubishi Triton Athlete hadir untuk memenuhi kebutuhan akan kendaraan powerful untuk menembus medan berat dan sekaligus cukup elegan sebagai kendaraan kaum urban.

Eksterior Mitsubishi Triton Athlete-min.jpg
Mitsubishi Triton Athlete
Triton yang dulu menyandang nama Strada ini memiliki utilitas tinggi sehingga penumpang di dalamnya mendapatkan pengalaman berkendara yang menyenangkan. Pasalnya, selain bahan kulit yang tersedia di beberapa varian, interior Triton pun didukung fitur hiburan dan keamanan sehingga rasa nyaman dan aman terus terasa selama perjalanan.
Rating Keseluruhan: 3,6 /5 Bintang
Desain Interior 3,5 Bintang Spesifikasi Mesin 3 Bintang
Desain Eksterior 4 Bintang Konsumsi Bahan Bakar 3,5 Bintang
Fitur Kendaraan 4 Bintang Harga Untuk Kualitas 4 Bintang
Hasil rating tersebut berdasarkan pada penilaian subjektif penulis ulasan ini.

Eksterior Mitsubishi triton athlete 2018

Facia Mitsubishi Triton Athlete-min.jpg

Bicara eksterior, Mitsubishi Triton Athlete mengalami penambahan bodykit di beberapa sisinya. Memang sejauh ini penambahan bodykit dirasa sangat banyak, untungnya dibarengi dengan kualitas material yang baik. Penambahan bodykit ini alhasil membuat Triton Athlete tampak lebih berisi dibanding Triton biasa.

Mulai dari tampilan depan, Mitsubishi Triton Athlete telah ditambahkan garnish bumper dengan kombinasi warna body dan hitam glossy. Bagian belakang, bodykit dan spoiler besar tepat di atas kaca belakang sangat menambah kesan sangar Triton Athlete. Belum cukup sampai di situ, pintu bagasi pun ditambahkan spoiler ala duck tail agar lebih terkesan padat dan sporty.

Selain bodykit, eksterior Triton Athlete juga diberi sentuhan striping berkarakter berwana hitam dan orange. Strip penambah kesan sporty tersebut berada mulai dari bagian depan, samping, hingga bumper belakang

Beralih ke kaki-kaki, velg yang digunakan Triton Athlete ini pun ternyata berukuran sama dengan Mitsubishi Triton lainnya, yakni 17 inchi. Pembedanya adalah motif dan warna velg yan full hitam saja.

Soal lampu, spesifikasi yang disematkan pada Mitsubishi Triton Athlete ini kurang lebih sama dengan tipe Exceed. Mulai dari headlamp menggunakan DRL-LED, lampu kecilnya DRL, lampu besar berupa projector HID, lampu jauh menggunakan HID dari projector yang sama yaitu Bi Xenon Projector dan dapat diatur ketinggiannya secara manual dari dalam kabin. Foglamp dan lampu sein menggunakan lampu halogen juga. Begitu pun lampu bagian belakang, semuanya telah menggunakan lampu halogen, tapi hanya high mount stop-nya saja yang menggunakan LED.

Terakhir dari eksterior Mitsubishi Triton Athlete adalah bak kargonya. Untuk handle pintunya tidak terintegrasi dengan Smart Key, alias dibuka-tutup secara manual. Pintu kargo ini tidak begitu berat. Di sekeliling kargonya pun telah dilapisi bahan plastik sebagai pelindung yang berwarna hitam.

Spesifikasi Mitsubishi triton athlete 2018

Panjang 5.285 mm
Lebar 1.815 mm
Tinggi 1.780 mm
Wheelbase 3.000 mm
Ground Clearance 205 mm
Suspensi Depan Independent Wishbone dengan Coil Spring, Torsion Beam dan Stabilizer
Suspensi Belakang Rigid Axle, Eliptic Leaf Spring dengan Twin Telescopic Shock Absorber

Interior Mitsubishi triton athlete 2018

Interior Mitsubishi Triton Athlete-min.jpg

Masuk ke bagian interior Mitsubishi Triton Athlete. Pertama, di seluruh jok telah menggunakan material kulit dan juga menggunakan warna hitam-orange yang mentereng. Tidak hanya pada jok, door trim dan balutan lingkar setir Triton Athlete ini pun diberikan aksen warna serupa berupa jahitan berwarna orange. Sudah tentu, sangat jarang menemukan mobil kabin ganda yang punya desain luar dan dalam yang mencolok seperti Triton Athlete.

Layaknya mobil off road pada umumnya, memasuki kabin terasa sangat tinggi. Tapi ketidaknyamanan itu seketika hilang waktu mendapati tempat sandaran kaki kiri di samping pedal kopling yang cukup luas. Sisa headroom pun masih cukup tinggi, ditambah dengan seatbelt yang bisa diatur tinggi rendahnya. Tak ketinggalan, setir tilt dan teleskopik semakin membuat Mitsubishi Triton Athlete ini terasa sangat premium.

Di bagian belakang, penumpang tidak akan terasa begitu sempit untuk rata-rata tinggi badan 170 cm. Legroom dan headroom memang tidak begitu luas dibandingkan mobil-mobil MPV, tapi cukup nyaman saat berkendara jarak jauh.

 

Performa MItsubishi Triton Athlete 2018

Mesin Mitsubishi Triton Athlete-min.jpg

Di sektor dapur pacu, ada yang sangat disayangkan dari Mitsubishi Triton Athlete ini. Meskipun jadi tipe tertinggi tapi tidak dibekali mesin tipe baru. Mesin Triton Athlete masih menggunakan mesin yang sama dengan Triton Exceed yaitu tipe 4D56.

Mesin berkapasitas 2,5 liter dengan VGT ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 176 HP dan 400 Nm. Mesin tersebut pun kemudian dikawinkan dengan pilihan transmisi Manual 5-percepatan dan Otomatis yang juga 5-percepatan.

Tapi kami ambil positifnya saja walau hanya sedikit; Mesin tipe lama ini membuat kita tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi BBM murah.

Spesifikasi Mesin Mitsubishi triton Athlete 2018

Tipe Mesin 4D56
Jumlah Silinder 4 Segaris
Teknologi Mesin Diesel, Common Rail Direct Injection, Intercooler, Variable Geometry Turbocharger
Layout Sistem Penggerak Roda Belakang & Empat Roda (4WD)
Kapasitas Tangki 75 Liter

Fitur Mitsubishi triton athlete 2018

Tidak wajar kalua tipe flagship tidak ditambahkan fitur-fitur mumpuni dan tentu saja membuatTriton Athlete jadi lebih baik daripada tipe Exceed. Ada beberapa yang akan kami sebutkan dari sekian banyak fiturnya. Seperti fitur Smart Key, start/stop engine button, jok driver yang dapat diatur secara elektrik 8 arah, Head Unit layar sentuh 6,5 inchi, single zone climate control, bluetooth dan kamera mundur.

Soal fitur keselamatan, Mitsubishi Triton Athlete telah mengadopsi sistem ABS, EBD dan double Airbags. Hanya sayang, belum ada Stability Control saja.

Kelebihan mitsubishi triton athlete 2018

  • Desain eksterior dan interior lebih baik dibandingkan varian di bawahnya
  • Ditengarai mampu menjadi andalan kendaran off road dan sehari-hari
  • Fitur bertambah

Kekurangan mitsubishi triton athlete 2018

  • Tipe mesin lawas
  • Detail material interior kurang baik
  • Belum ada Stability Control