Hatchback Sarat Perubahan, Impor Langsung dari Negeri Jiran | REVIEW DAIHATSU SIRION 2018

Hatchback Sarat Perubahan, Impor Langsung dari Negeri Jiran | REVIEW DAIHATSU SIRION 2018

By Dimas Hadi

Akhirnya, generasi ketiga Daihatsu Sirion 2018 resmi mengaspal di Indonesia. Ya, hatchback yang cukup menyita perhatian sejak kemunculan pertamanya ini memang sudah telah lama ditunggu-tunggu generasi terbarunya.

All New Daihatsu Sirion 2018 diimpor dari Perodua Malaysia. Tampilannya kini menjadi lebih stylish setelah mengalami beberapa perubahan mayor di sektor eksteriornya.

Bicara perubahan, sektor dapur pacu dan fitur pendukungnya pun mengalami hal yang sama. Berbekal mesin 1NR-VE 1.3L DOHC Dual VVT-i, All New Sirion 2018 ini diklaim lebih irit bahan bakar dibandingkan versi lawasnya.

Fitur pendukung lainnya, All New Daihatsu Sirion 2018 kini dilengkapi dengan keyless system, start/stop button, 2DIN Touch Screen Audio dan kamera parkir.

Daihatsu Sirion 2018-min.jpg
Daihatsu Sirion
All New Sirion kini telah masuk generasi ke tiga. Setelah perombakan model pada 2011 silam, All New Sirion kembali menjadi pilihan yang sangat layak bagi para pemilik usia muda masyarakat perkotaan. Didukung desain lebih sporty dan stylish, All New Sirion akan sangat cocok dengan performa dari mesin anyar tipe 1NR-VE 1.3L DOHC Dual VVT-i. Selain soal performa, hatchback lima penumpang ini diklaim lebih irit bahan bakar dibanding versi lawasnya. Fitur-fitur yang tersematkan di dalamnya pun sudah diperbarui seperti kebanyakan city car lainnya di Tanah Air. Hatchback besutan Daihatsu ini telah tersedia dua tipe pilihan berdasarkna transmisi; transmisi manual (M/T) dan transmisi otomatis (A/T).
Rating Keseluruhan: 4,2 /5 Bintang
Desain Interior 4 Bintang Spesifikasi Mesin 4 Bintang
Desain Eksterior 4 Bintang Konsumsi Bahan Bakar 4 Bintang
Fitur Kendaraan 4,5 Bintang Harga Untuk Kualitas 4,5 Bintang
Hasil rating tersebut berdasarkan pada penilaian subjektif penulis ulasan ini.

Eksterior Daihatsu Sirion 2018

Eksterior Daihatsu Sirion 2018-min.jpg

Mulai dari bagian depan, Daihatsu Sirion 2018 memiliki tampilan yang lebih modern dari pendahulunya. Bisa dilihat dari lampu depan yang berukuran besar dan menjorok sedikit ke bagian sampingnya. Tak hanya itu, lampu utamanya pun kini telah dilengkapi LED berpengaturan otomatis. Bukan cuma itu, lampu kabut (foglamp) dan lampu sein telah menggunakan jenis halogen.

Masih di facia depan, grill tampil lebih futuristik dengan lekukan presisi yang mengkuti alur body dan lampu utama. Demi menghadirkan kesan modern dan berkelas, Daihatsu menyematkan kombinasi warna hitam doff di bagian tengah dan list berdesain sedikit berisi dengan aksen silver di bagian bawahnya.

Melihat ke arah bawahnya, Daihatsu Sirion 2018 mengadopsi velg 15 inchi dual tone dengan ban berukuran 185/55. Detail lainnya pun bisa dilihat pada lampu sein yang mejeng di spion, handle pintu krom, dan garis bodi yang terintegrasi dari fender depan melewati dua handle pintu hingga ke lampu belakang.

Bagian belakang cukup unik. Bisa dilihat pada bagian lampu belakang yang berpenampilan letter L terbalik dan spoiler yang punya tambahan bilah warna black gloss, serta bumper bawah yang keliatan cukup agresif.

SPESIFIKASI EKSTERIOR Daihatsu Sirion 2018

All New Sirion
M/T A/T
Panjang Keseluruhan (mm) 3.895
Lebar Keseluruhan (mm) 1.735
Tinggi Keseluruhan (mm) 1.525
Jarak Sumbu Roda (mm) 2.500
Jarak pijak roda depan (mm) 1.475
Jarak pijak roda belakang (mm) 1.465
Radius Putar Minimum (m) 5,1
Tinggi Dari Tanah (mm) 150
Berat Kosong Kendaraan (kg) 980 1.000
Berat Total Kendaraan (kg) 1.425 1.425
Kapasitas Tempat Duduk 5

Interior Daihatsu Sirion 2018

Interior Daihatsu Sirion 2018-min.jpg

Sama dengan luarnya, sisi interior Daihatsu Sirion 2018 mengalami perubahan totol dibandingkan sebelumnya. Sebagai contoh, seperti pada tuas transmisi yang sudah tidak lagi tertanam di dashboard. Desain dashboard kini diberi garis lekuk lebih tegas dan facia tengah lebih dihadapkan ke sisi driver.

Secara material, tidak ada yang mengesankan pada interior Daihatsu Sirion 2018 ini. Cukup pantas dan layak untuk hatchback yang dibanderol di bawah Rp 200 jutaan.

Melihat lebih detail lagi, bahan silver gelap seperti krom dan piano black dapat di temukan di beberapa sudut interior. Head Unit-nya merupakan aftermarket dengan tombol kapasitif di sebelah kiri dan layar sentuh kurang dari 7 inchi dengan segala fungsinya (CD, USB port di bawah, Bluetooth, micro SD Card Reader. Kekecewaan mungkin bisa ditemukan jika melihat pada speakernya yang hanya tersedia 4 buah saja. Lanjut ke MID yang disematkan, lampu background biru mempercantik indikator bensin, seatbelt dan info odometer, trip meter, konsumsi bahan bakar rata-rata, konsumsi bahan bakar real time dan sisa jarak yang bisa ditempuh.

Jok Daihatsu Sirion 2018 ini bisa dinilai sangat empuk serta konfigurasinya yang slide dan recline hingga rebah serta bisa diatur ketinggiannya. Ini tentu sangat berpengaruh pada visibilitas pengemudi dan penumpang jok depan. Kendati posisi setirnya agak ke bawah dan sudut ke depannya terlalu landai, kaca depan jadi terasa sempit di posisi terendah maupun tertinggi mengemudi. Mungkin Daihatsu lebih terfokus untuk membuat jok belakang lebih nyaman. Alhasil, selain joknya yang empuk, leg-room juga jadi lebih luas sekali.

Performa Daihatsu Sirion 2018

Mesin Daihatsu Sirion 2018-min.jpg

Kemunculan Daihatsu Sirion 2018 ini sekaligus menandakan hilangnya mesin K3-VE yang tertanam pada Sirion versi lawas. Mesin baru yang dibekali kini bertipe 1NR-VE berkapasitas 1300 cc Dual VVTI.

Dengan spesifikasi mesin ini, Daihatsu Sirion mampu menghasilkan tenaga sebesar 94 HP atau 95 PS serta torsi maksimum 120 Nm. Angka tersebut mengartikan tenaga Sirion naik 5 HP dan 3 Nm dari versi terdahulunya.

Sama seperti versi dulu, mesin ini dikawinkan dengan dua pilihan transmisi; manual 5-percepatan dan otomatis yang sayangnya hanya 4-percepatan. Masih belum tahu seefisien apa mesin baru yang digunakannya ini. Tunggu ulasan test drive selanjutnya.

SPESIFIKASI MESIN Daihatsu Sirion 2018

All New Sirion
M/T A/T
Tipe 1NR-VE, DOHC Dual VVT-i
Kapasitas Silinder (cc) 1.329
Jumlah Silinder 4 silinder
Jumlah Katup 16
Diameter x Langkah (mm x mm) 72,5 x 80,5
Tenaga Maksimum (PS/rpm) 95 / 6.000
Torsi Maksimum (kg.m/rpm) 12,2/ 4.200
Sistem Bahan Bakar Electronic Fuel Injection
Bahan Bakar Unleaded Petrol
Kapasitas tangki bahan bakar (liter) 36

Fitur Daihatsu sirion 2018

Kalo Sirion lawas bisa kita bilang pelit soal fitur, tapi pada generasi terbarunya ini kita akan kagum dengan apa saja yang dibekali. Misalnya, pada lampu depan. Selain sudah LED, fitur follow me home yaitu lampu bisa tetap menyala beberapa detik setelah mesin mati meskipun kita sudah keluar dari mobil. Kamera mundur? Ada. Sensor parkir juga ada: dua di belakang dan dua di depan. Antena? Sirip hiu 'kekinian'. Wiper depan frameless, fitur auto speed sensing wiper juga telah disematkan, begitu juga wiper belakangnya. Wiper belakang bisa otomatis menyala saat kita masuk gigi mundur.

Fitur Passive keyless entry juga ada, tombol start stop engine, AC digital, dua memori buat setting kipas dan temperatur kesukaan kita, One Touch Triple Turn signal, jendela driver auto up-down, spion lipat elektrik, power outlet di depan, dan USB port terintegrasi di depan. Tidak lupa disebutkan adanya tombol pengatur audio plus tombol penjawab telpon via bluetooth, spion tengah day and night manual.

Kelebihan Daihatsu sirion 2018

  • Fitur melimpah dibandingkan versi lamanya
  • Tipe mesin dan tenaga yang dihasilkan baru dan bertambah
  • Perubahan desain eksterior cukup baik

Kekurangan daihatsu sirion 2018

  • Efisiensi bahan bakar belum teruji
  • Head Unit aftermarket
  • Tidak ada fitur Hill Start Assist pada varian transmisi otomatisnya.
 

VIDEO REVIEW daihatsu sirion 2018