Pengganti Noah dan Nav1 Berjuluk ‘Baby Alphard’ | REVIEW TOYOTA VOXY 2018

Pengganti Noah dan Nav1 Berjuluk ‘Baby Alphard’ | REVIEW TOYOTA VOXY 2018

By Wahyu Perdana Putera

Meskipun adalah model baru Toyota, Voxy sebenarnya bukanlah mobil yang benar-benar baru. Dahulu Toyota sempat menyegarkan eksistensi Toyota Noah di Indonesia dengan menghadirkan Nav1 yang diperkenalkan Toyota pada 2013. Voxy merupakan generasi penerus dari Nav1 dengan mengusung nama baru dengan bahasa desain yang sporti.

Di Jepang, nama Noah tetap dipertahankan. Tetapi untuk versi yang lebih sporti mengusung nama Voxy. Antara Noah ke Voxy kira-kira sama silsilahnya seperti Alphard ke Vellfire. Satu model mobil, namun beda wajah dan nama.

Voxy yang dibawa Toyota ke Indonesia memiliki kode bodi R80. Secara generasi, mobil ini merupakan Noah generasi ketiga.

R80 sebenarnya bukan platform baru Toyota, tetapi sudah digunakan kira-kira pada 2012. Versi yang dihadirkan di Tanah Air ini adalah facelift Voxy di Jepang yang diperkenalkan di Negeri Sakura pada Juli 2017.

Eksterior Toyota Voxy 2018-min-min.jpg
Toyota Voxy
Voxy merupakan generasi penerus dari Nav1 dengan mengusung nama baru dengan bahasa desain yang sporti.
Rating Keseluruhan: 3,5 /5 Bintang
Desain Interior 4 Bintang Spesifikasi Mesin 3 Bintang
Desain Eksterior 4 Bintang Konsumsi Bahan Bakar 3 Bintang
Fitur Kendaraan 3 Bintang Harga Untuk Kualitas 4 Bintang
Hasil rating tersebut berdasarkan pada penilaian subjektif penulis ulasan ini.

Eksterior Toyota Voxy 2018

  Toyota Voxy 2018 memiliki kabin dan bagasi yang sangat luas

Toyota Voxy 2018 memiliki kabin dan bagasi yang sangat luas

Toyota Voxy memiliki dimensi tinggi 1.835 mm dan lebarnya 1.735 mm. Angka yang lebih besar tinggi ketimbang lebar ini mirip proporsi yang diterapkan Nissan pada Serena. Bukan sekadar soal proporsi desain, dampaknya pun positif pada luasnya ruang kabin

Tampang Voxy dari depan sangat atraktif, bahkan lebih enak dilihat dibanding Vellfire yang banyak disebut sangat Transformers-esque.

Ciri khas desain Voxy terlihat dari gril atas yang hanya mengandalkan satu garis krom dan menyambungkan kedua lampunya yang sipit.

Sama seperti ciri Vellfire, gril utama Voxy berukuran sangat besar hingga memberikan karakter agresif, meski masuk kategori mobil keluarga.

Masih di fasia depan, bukan hanya positioning lamp yang mengadopsi LED. Lampu utama mobil pun sudah proyektor LED. Kemudian untuk lampu jauh (high beam) dan lampu kabut (fog lamp) juga sudah full LED.

Garis-garis bodi pada bagian samping mobil kini lebih tampak, membuat Voxy menjadi lebih berkarakter dan pada window line sudah dilapis aksen krom.

Pada sisi mobil, bedanya dari Vellfire adalah Velfire menyembunyikan railing pintu geser elektriknya. Voxy tidak meniru trik ini. Aksen floating roof berupa kaca pilar C yang tersambung hingga stoplamp benar-benar memberikan kesan dinamis pada mobil.

Buritan mobil pun tampil aduhai dengan lampu stop yang juga mengusung LED. Menyempurnakan desainnya yang agresif, Toyota tetap mempertahankan spek velg 16 inci dual-tone dengan dibalut ban gres Toyo Proxes.

Spesifikasi Eksterior Toyota Voxy 2018

Fitur Elegant aero package
AW-inspiring belt line
LED headlamp dan stoplamp
Ground clearance tinggi
Dimensi Panjang 4.710 mm
Lebar 1.735 mm
Tinggi 1.835 mm (dengan roof rail)
Wheelbase 2.850 mm

Interior Toyota Voxy 2018

  Penampakan desain interior Toyota Voxy 2018 dengan beberapa aksen piano black dan bahan kulit.

Penampakan desain interior Toyota Voxy 2018 dengan beberapa aksen piano black dan bahan kulit.

Kubah di atas stir Voxy hanya berisi MID. Panel instrument cluster lainnya terpisah di sisi di depan driver. Pemandangan utama di dashboard adalah head unit dengan layar sentuh 8 inci, meski ukurannya lebih kecil dibanding versi yang dipasarkan di Jepang.

Visibilitas yang ditawarkan Voxy luar biasa, luasnya pandangan ke depan. Kombinasi warna dark brown dengan hitam memberi presensi mewah, apalagi karena penggunaan jok kulit sebagai peranti standar.

Voxy mendapat double moonroof. Stir tampak elegan dengan aksen kayu dan deretan tombol untuk berbagai fungsi, dari audio hingga cruise control. Stir pun bisa diatur dengan fungsi tilt dan teleskopik.

di belakang muat untuk tiga penumpang hingga tersedia seatbelt 3-titik dan headrest adjustable yang bisa dilepas untuk penumpang ketiga di tengah.

Pada baris ketiga, Voxy menawarkan ruang kaki yang lega meski ruang kepalanya tergolong pas-pasan. Tetapi kursinya muat untuk 3 penumpang.

 

Performa Toyota Voxy 2018

  Toyota Voxy 2018 dibekali mesin 3ZR-FAE berkapasitas 1.987 cc.

Toyota Voxy 2018 dibekali mesin 3ZR-FAE berkapasitas 1.987 cc.

Bermain di kelas MPV mewah, Toyota Voxy dibekali dengan mesin tipe 3ZR-FAE berkapasitas 1.987 cc dan disandingkan dengan transmisi otomatis (CVT). Mesin ini sama seperti Nav1 lawas dengan konfigurasi 4-silinder, 16 katup, DOHC. Tenaga yang dihasilkan 152 PS dengan torsi 19,7 Kgm.

Spesifikasi Mesin Toyota Voxy 2018

Jenis/tipe 3ZR-FAE
Jumlah silinder 4
Jumlah katup 16
Isi silinder 1.987cc
Transmisi CVT
Daya maksimum 152 PS/6.100 rpm
Torsi maksimum 19,7 Kgm/3.800 rpm
Distribusi bahan bakar Electronic Fuel injection

Fitur Toyota Voxy 2018

Fitur Smart Key cukup memudahkan dalam pengoperasian pintu mobil. Electric sliding door juga memberikan kemudahan akses untuk baris kedua dan ketiga dan hadirnya dual moonroof memberikan pemandangan unik selama perjalanan.

Pengemudian mobil didukung cruise control untuk kenyamanan dalam perjalanan jauh. Dari sisi keamanan, 7 SRS airbag, VSC, Hill Start Assist dan Emergency Brake Signal memastikan perlindungan prima.

Kelebihan Toyota Voxy 2018

  • Desain ciamik
  • Kabin lega
  • Fitur kenyamanan lengkap
  • Fitur keamanan melimpah

Kekurangan Toyota Voxy 2018

  • Masih pakai mesin Nav1 lawas
  • Beberapa fitur versi Jepang dihilangkan