MPV Lengkap Tak Pernah Semurah Ini  | REVIEW WULING CONFERO S 2018

MPV Lengkap Tak Pernah Semurah Ini  | REVIEW WULING CONFERO S 2018

By Wahyu Perdana Putera

Mengusung tagline ‘The Real Spacious Family MPV’ banyak sekali keunggulan yang ditawarkan Wuling Confero S, khususnya kenyamanan sektor kabin yang lebih luas dibanding beberapa kompetitornya dan ditambah harganya yang mengagumkan. Bahkan untuk tipe tertinggi bisa dibilang setara dengan banderol mobil LCGC (Low Cost Green Car).

Wuling Motors, pabrikan asal China hadir dan mendirikan pabrik di Indonesia dengan membawa model pertama yakni sebuah model low MPV bernama Confero S. Wuling Confero S muncul perdana di ajang Jakarta Fair 2017 kemudian disusul peluncuran perdana di ajang GIIAS 2017.

Hasil riset yang dilakukan Wuling sebelum memutuskan terjun ke pasar otomotif Indonesia menyimpulkan bahwa MPV merupakan model paling diminati konsumen Tanah Air.

Confero S diambil dari Bahasa Latin. Confero memiliki arti ‘Bring Together’ sedangkan ‘S’ merupakan singkatan dari ‘sporty’.

Wuling Confero S 2018-min.jpg
Wuling Confero S
Confero S merupakan produk perdana Wuling yang diluncurkan di Indonesia. Wuling Confero S adalah hasil wujud nyata sebuah obeservasi kebutuhan masyarakat Tanah Air akan performa, fitur dan teknolgi mobil keluarga. Sejalan dengan namanya yang diambil dari bahasa Latin yang berarti "menyatukan", Confero merupakan mobil terbaik bagi berkumpulnya keluarga. Confero S dibenamkan mesin berkapasitas 1,5 liter DOHC DVVT, dan diklaim sangat irit bahan bakar.
Rating Keseluruhan: 2,6 /5 Bintang
Desain Interior 3 Bintang Spesifikasi Mesin 2 Bintang
Desain Eksterior 2 Bintang Konsumsi Bahan Bakar 3 Bintang
Fitur Kendaraan 3 Bintang Harga Untuk Kualitas 3 Bintang
Hasil rating tersebut berdasarkan pada penilaian subjektif penulis ulasan ini.

Eksterior Wuling Confero S 2018

Wuling Confero 2018 tampak belakang-min.jpg

Wuling Confero dan Confero S memiliki perbedaan desain. Varian Confero 1.5 mengadopsi tampilan eksterior yang tampak lebih sederhana. Pada varian ini, tidak ada tambahan panel side moulding. Pada bagian bumper mobil juga tidak dibekali dengan skid plate. Dibandingkan dengan Confero S, Confero hanya mendapat velg model kaleng berukuran 14 inci yang sedikit dipermanis dengan dop.

Sementara untuk Wuling Confero S, desain mobil jauh lebih sporti, persis seperti makna huruf S di belakang nama mobil. Confero S seolah punya DNA crossover pada bodi MPV. Bumper depan dan belakang dengan aksen hitam serta hadirnya skid plate di bagian bawah bumper menegaskan karakter desain yang tak hanya sporti, tetapi juga elegan.

Wuling Confero S juga sudah mengadopsi berbagai fitur terkini seperti headlamp projector dan daytime running light di fasia depan, juga foglamp baik pada wajah maupun buritan mobil.

Spesifikasi Wuling Confero S 2018

Fitur Roof Rail
LED spoiler lamp
Electric door mirro dengan side turning signal
Adjustable projector headlight with follow me home
15” alloy wheel
LED DRL dan rear fog lamp
Frameless wiper
Body side moulding
Dimensi Panjang 4.530 mm
Lebar 1.691 mm
Tinggi 1.730 mm (dengan roof rail)
Wheelbase 2.720 mm

Interior Wuling Confero S 2018

Interior Baris Pertama Wuling Confero S 2018-min.jpg

Masuk di sisi kabin, penggunaan captain seat di baris kedua cukup menjual jika dibandingkan MPV sejenis, pun halnya dengan material interior yang sangat berkualitas.

Ruang kabin mobil juga memiliki ruang yang cukup lega baik pada sisi headroom maupun legroom. Dengan kabin yang lega, aspek terpenting dari kenyamanan mobil sudah tercapai. Kemudian bangku baris kedua juga bisa diatur maju mundur sehingga menawarkan fleksibilitas konfigurasi tempat duduk yang menarik di dalam kabin.

Konfigurasi tempat duduk untuk 7 penumpang serta ruang bagasi dengan kapasitas 250 liter tanpa harus melipat bangku baris ketiga menjadi pertimbangan menarik untuk mereka yang mencari MPV lega dengan harga sangat terjangkau.

 

Performa Wuling Confero S 2018

Mesin Wuling Confero S 2018-min.jpg

Wuling Confero S mengadopsi mesin empat silinder segaris, DOHC, D-VVT (Variable Valve Timing) yang dapat memuntahkan 107 tenaga kuda pada 5.800 rpm dan torsi 142 Nm pada 3.800 - 4.400 rpm.

Untuk saat ini Wuling Confero S hanya ditawarkan dalam transmisi manual, meski saudaranya di lini produk Wuling, sudah mendapat transmisi otomatis. Pada akhirnya Confero S akan mendapat versi transmisi manual, yang konon masih dalam pengebangan.

Spesifikasi Mesin Wuling Confero S 2018

Jenis/tipe P-TEC 1.5L
Jumlah silinder 4
Jumlah katup 16
Isi silinder 1.485cc
Transmisi Manual
Sistem penggerak FWD
Daya maksimum 107 HP/5.800 rpm
Torsi maksimum 142 Nm/3.800-4.400 rpm
Distribusi bahan bakar Fuel injection

Fitur Wuling Confero S 2018

Selain fitur ‘captain seat’ yang menjadi salah satu nilai jual utama Wuling Confero S pada baris kedua yang tidak dimiliki oleh competitor, Wuling Confero S juga mendapat head unit layar sentuh berukuran cukup masif, 8 inci. Bahkan ukuran head unit-nya ini terbesar di kelasnya.

Fitur gres lain yang ada di Confero S adalah Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang berfungsi untuk memantau tekanan angin ban dari layar MID yang tampilannya juga atraktif.

Sektor keamanan, Wuling Confero S juga dibekali 4 titik sensor parkir di belakang dan 2 titik di depan yang pastinya akan membantu saat melakukan parkir. Lebih lanjut, sensor juga diletakkan pada system power window mobil untuk menghindari potensi tangan terjepit.

Model pertama Wuling yang dikenal dengan nama Hongguang di negeri asalnya ini juga memiliki sistem keamanan dan keselamatan yang lengkap. Fiturnya mulai dari ABS dengan EBD, dual SRS Airbag dan ISOFIX.

Paling penting di mobil masa kini, untuk memenuhi kebutuhan mobilitas pengemudi dan penumpang Wuling Confero S memiliki slot charger yang tersedia dari depan sampai bangku baris ketiga.

Kelebihan Wuling Confero S 2018

  • Banderol murah, desain tidak murahan
  • Fitur cukup lengkap
  • Kabin lega, mesin cukup bertenaga

Kekurangan Wuling Confero S 2018

  • Sentimen merek China yang masih cukup kuat di Indonesia
  • Belum tersedia versi transmisi otomatis

Video Review Wuling Confero S 2018