Low MPV Calon Penguasa Pasar (?) | REVIEW MITSUBISHI XPANDER 2018

Mitsubishi Xpander-min.jpg

Low MPV Calon Penguasa Pasar (?) | REVIEW MITSUBISHI XPANDER 2018

By Dimas Hadi

Kalau predikat mobil keluarga hanya bicara seputar kapasitas angkut penumpang, artinya Mitsubishi Xpander muncul untuk menaikkan satu level di atasnya. Mitsubishi Xpander hadir ke tengah-tengah keluarga Indonesia dengan mengusung desain eksterior yang lebih keren dibandingkan Low MPV lainnya.

Muncul pertama kali sebagai mobil konsep MPV XM Concept di beberapa tahun silam, Mitsubishi berhasil menyita perhatian publik. Selain desain eksteriornya yang futuristik, Mitsubishi Xpander juga digembar-gembor perihal fitur-fitur yang tersemat di dalamnya. Alhasil, pada peluncuran resminya di GIIAS 2017 silam sukses mengundang antusiasme pengunjung untuk melihat lebih dekat dan mencoba "Next Generation MPV" ini.

Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander hadir sebagai penggebrak MPV yang diklaim sebagai kendaraan favorit keluarga saat ini. Diluncurkan secara resmi pada tahun 2017 kemarin, Mitsubishi Xpander langsung menyita perhatian publik berkat desain eksteriornya yang dinamis dan bernuansa futuristik. Kabin lega dan fitur berlimpah, menambah nilai Xpander dalam segi kenyamanan serta keamanan yang sangat terjamin.
Rating Keseluruhan: 4 /5 Bintang
Desain Interior 4 Bintang Spesifikasi Mesin 3 Bintang
Desain Eksterior 5 Bintang Konsumsi Bahan Bakar 4 Bintang
Fitur Kendaraan 4 Bintang Harga Untuk Kualitas 4 Bintang
Hasil rating tersebut berdasarkan pada penilaian subjektif penulis ulasan ini.

Eksterior Mitsubishi Xpander 2018

Mitsubishi Xpander Eksterior-min.jpg

Harga Mitsubishi Xpander masuk ke kategori Low MPV namun tidak diimbangi dengan dimensinya. Dimensi Mitsubishi Xpander nyatanya lebih besar dibanding Toyota Avanza dan Honda Mobilio sebagai pemain lama.

Tampilan depan Dynamic Shield yang tampak seperti huruf "X" besar menambah garang penampilannya. Tak heran, Mitsubishi Xpander ini bisa juga disebut sebagai MPV dengan rasa SUV. Selain itu, ground clearance yang tinggi dan dibekali velg 16 inchi di varian atasnya menambah daya jelajah Mitsubishi Xpander secara keseluruhan.

Bagian belakang juga mengusung konsep huruf "X" dan sangat memperlihatkan identitas MPV-nya. Spoiler belakang terintegrasi dengan atap secara keseluruhan. Tapi, bumper belakangnya dinilai terlalu tegas untuk sebuah Low MPV.

Dengan kesimpulan eksterior tersebut, Mitsubishi Xpander menjadi mobil yang mampu mempertahankan desain konsepnya terdahulu sebelum sebutan "Baby Pajero" terpatri di Low MPV ini.

SPESIFIKASI EKSTERIOR MITSUBISHI XPANDER 2018

ULTIMATE A/T SPORT A/T EXCEED A/T EXCEED M/T GLS M/T GLX M/T
Panjang mm 4475
Lebar mm 1750
Tinggi mm 1700 1695
Jarak Sumbu mm 2775
Ground Clearance mm 205 200
Berat Kg 1780
Ukuran Ban 205/55 R16 185/65 R15

Interior Mitsubishi Xpander 2018

Interior didesain tampak luas bukan hanya jika dibandingkan para kompetitornya, tapi kabin Mitsubishi Xpander ini memang didesain sangat lapang.

Sebagai contoh, bagian atas dashboard depan yang rata menghasilkan pandangan jauh ke depan.

Konsep dual tone sangat terasa kecuali pada varian sport yang mengusung warna hitam. Tak hanya itu, untuk di varian Ultimate Anda akan mendapat panel kayu coklat muda yang terlihat lebih high quality daripada yang dipake Pajero.

Demi menambah kesan premium guna meningkatkan predikat mobil Low MPV, aksen piano black pun tersematkan di beberapa bagian kabin termasuk di bagian door trim.

Pola jahitan kulit yang ternyata full plastik sempat mengecoh kami dan mulai sadar mungkin ini salah satu sebabnya mengapa Xpander berharga murah padahal tampilannya ala mobil Rp 300 jutaan.

Setir Mitsubishi Xpander bisa dibilang sebagai satu-satunya mobil Low MPV yang memiliki fitur teleskopik.

Performa Mitsubishi Xpander 2018

Mitsubishi Xpander Mesin-min.jpg

Berbekal mesin tipe 4A91 berkapasitas 1.499 cc yang sebenarnya pernah dipakai Mitsubishi Lancer di tahun 2007, Xpander tahun 2018 ini telah ditambahkan teknologi MIVEC (sistem valve timing besutan Mitsubishi). Soal tenaga yang dihasilkan sebesar 102 hp / 6.000 rpm dan torsi maksimal 141 Nm @ 4.000 rpm, di atas kertas Xpander jauh di bawah Honda Mobilio dan sedikit di lemah dibanding Toyota Avanza. Ini bisa dianggap sebagai imbas dari fitur dan bodi Mitsubishi Xpander yang lebih besar dan berat.

Menyasar ke sistem transmisinya, sangat ironis jika mengingat tagline yang diusungnya sebagai mobil "next generation". Transmisi Xpander hanya menggunakan 4-percepatan saja. Sangat sulit untuk diterima.

SPESIFIKASI MESIN MITSUBISHI XPANDER 2018

ULTIMATE A/T SPORT A/T EXCEED A/T EXCEED M/T GLS M/T GLX M/T
Tipe Mesin 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve
Kubikasi cc 1499
Tenaga Maks. hp/rpm 103 / 6000
Torsi Maks. Nm/rpm 141 / 4000
Kapasitas Tangki Liter 45
Radius Putar m 5.2
Transmisi Tipe 4 Speed A/T 5 Speed M/T

Fitur Mitsubishi Xpander 2018

Selain tampang, fitur-fitur juga menjadi keunggulan Mitsubishi Xpander dibandingkan para kompetitor sekelasnya. Untuk varian Ultimate dan Sport, Xpander menjadi satu-satunya mobil Low MPV yang sudah dibekali dengan fitur passive keyless entry. Bukan hanya itu, fitur tombol start/stop juga menjadi satu-satunya di kelasnya. Begitu juga MID yang sudah full color guna memberikan segala informasi kondisi moibl.

Kembali ke bagian eksterior, wiper Xpander juga bisa menjadi hal yang unik dan tidak dimiliki merek lain yaitu wiper model hybrid yang memiliki intermittent multi-speed di depan dan belakang. Sesuai dengan konsepnya sebagai mobil keluarga, kebutuhan power outlet pun dinilai cukup banyak di seluruh varian Mitsubishi Xpander ini.

Fitur safety Mitsubishi Xpander juga tidak bisa dilewatkan begitu saja. Pasalnya, Xpander varian tertinggi sudah disematkan fitur Hill Start Assist dan stability Control. Tidak hanya itu, 2 Airbags juga sudah tersedia di dalamnya. Di sektor pengereman 2 rem cakram depan, ABS dan Emergeny Brake signal.

Dibalik segala kelebihan fitur-fitur tersebut, sayangnya belum tersedia fitur Climate Control seperti yang tersemat pada Honda Mobilio. Tapi untuk harga di bawah Rp 250 jutaan, Mitsubishi Xpander masih dinilai sangat spesial untuk kelas Low MPV.

Kelebihan Mitsubishi Xpander 2018

  • Fitur berlimpah

  • Model sangat futuristik

  • Harga dinilai sangat murah untuk fitur yang ada

Kekurangan Mitsubishi Xpander 2018

  • Mesin bekas Lancer
  • Transmisi otomatis hanya 4-percepatan
  • Detail interior cukup mengecewakan
 

VIDEO REVIEW DATSUN CROSS 2018