Fitur Melimpah, Tanpa Kumis Lele | REVIEW TOYOTA YARIS 2018

Fitur Melimpah, Tanpa Kumis Lele | REVIEW TOYOTA YARIS 2018

By Wahyu Perdana Putera

Generasi kedua Yaris identik dengan julukan ‘Yaris Lele’. Generasi pertama Yaris adalah model global yang dijual di mancanegara dan di beberapa pasar dikenal dengan Toyota Vitz. Namun pada generasi kedua, modelnya digarap oleh perancang Toyota Indonesia dan diklaim menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen di Indonesia.

Generasi kedua Yaris meluncur pertama kali pada 2014, tetapi baru mendapat penyegaran setelah umurnya di pasar menginjak usia 4 tahun, tepatnya pada 2018. Yaris generasi kedua ini disegarkan dengan tampang yang tak lagi mirip dengan ikan lele, tetapi lebih beken karena justru menjadi mirip dengan karakter Joker.

Yaris Joker, begitu mobil ini dijuluki, tidak hanya dipasarkan di Indonesia, tetapi juga di negara-negara di kawasan ASEAN. Yaris Joker dipasarkan dalam 3 varian: E yang paling murah, G yang berada di tengah-tengah dan TRD Sportivo yang tertinggi.

Kenaikan harga dibanding harga model sebelumnya pun tidak drastis. Masih masuk akal dan bersaing dengan hatchback populer lainnya di pasar.

Toyota Yaris 2018.jpg
Toyota Yaris
Yaris menjadi unggulan Toyota di segmen hatchback. Desain timeless sejak perubahan drastis pada tahun 2014 membenamkan anggapan Yaris yang tak akan bertahan lama. Sejak berhentinya produksi Etios Valco, Yaris otomatis menjadi fokus utama demi memuaskan masyarakat Indonesia. Berbekal mesin tipe 1NZ-FE VVT-i, Yaris tersedia pilihan tipe transmisi manual dan otomatis (CVT). Kini, Toyota Yaris tersedia dalam enam varian untuk pasar Tanah Air.
Rating Keseluruhan: 3 /5 Bintang
Desain Interior 3 Bintang Spesifikasi Mesin 3 Bintang
Desain Eksterior 3 Bintang Konsumsi Bahan Bakar 3 Bintang
Fitur Kendaraan 3 Bintang Harga Untuk Kualitas 3 Bintang
Hasil rating tersebut berdasarkan pada penilaian subjektif penulis ulasan ini.

Eksterior toyota Yaris 2018

Toyota Yaris 2018 dengan velg 16 dual tone.jpg

Desain Yaris facelift ini tampak lebih agresif dibanding sebelumnya. Garis-garis memanjang pada fasia depan yang membuat mobil dijuluki ‘lele’, kini lenyap digantikan desain yang lebih dinamis namun justru dijuluki ‘Joker’ oleh sebagian orang karena desian radiator grill yang besar seperti senyum Joker dan aksen garis merah.

Varian terendah, E, mengusung desain yang lebih polos. Varian G sudah berbekal headlamp projector dengan velg dual tone. Sementara varian gres TRD Sportivo sudah berbekal body kit sana-sini, decal khas TRD Sportivo, dengan fitur yang tentunya jauh lebih beragam. Semua varian juga sudah mendapat shark fin antenna.

Nyaris semua titik bodi didesain ulang, mulai dari kap mesin hingga kaca belakang sehingga perubahan pada versi facelift ini layak disebut major facelift.

Varian TRD Sportivo menjadi varian yang tentu paling menarik karena dibuat paling trendi dan paling berisi. Melihat mobil dari samping mungkin menjadi sisi yang paling membuatnya masih mirip dengan Yaris Lele.

Bagian buritan mobil kental dengan aksen hitam dengan spoiler berukuran cukup besar yang seketika menambah menarik tampilan mobil.

Spesifikasi Eksterior Toyota yaris 2018

Fitur Dynamic Headlamp with TRD Red Ring Accent
Velg 16 Inci
LED Rear Combination Lamp
TRD Red Line Accent
TRD Spoiler
LED DRL
TRD Bodykit
Dimensi Panjang 4.145 mm
Lebar 1.730 mm
Tinggi 1.500 mm
Wheelbase 2.550 mm

Interior Toyota Yaris 2018

Interior Toyota Yaris 2018.jpg

Desain ruang kabin Yaris Joker ikut berubah pada major facelift ini.  Tampilan dashboard menjadi lebih atraktif dengan paduan nuansa piano black dan silver, membuat mobil tampak menjadi mobil all-new ketimbang hanya sebuah major facelift.

Material di dashboard masih full plastik, dengan aksen jahitan cetakan. Material kulit tampak di doortrim dengan aksen jahitan merah yang sporti. Masih sama seperti Yaris lele, jok mengadopsi material fabric. Namun pada bagian stir, kini sudah dilapis kulit.

Stir diambi dari desain altis dengan penempatan tombol yang mirip. Sebagai pencahayaan di interior mobil ada lampu ambient lighting yang tidak ada di model Yaris lele.

Head unit baru juga menjadi pemandangan utama di dashboard. Beragam fitur terkini yang lebih canggih ikut dijejali di head unit anyar ini. Fitur yang hilang adalah air gesture, fitur yang sebenarnya diunggulkan Toyota di Yaris lele namun pada kenyataannya jarang dipakai karena cukup merepotkan.  

Ruang bagasi mobil semakin masif untuk sebuah hatchback. Di bawah bagasi ada ban serep full-size yang  sama persis seperti ban utamanya.

 

Performa Toyota Yaris 2018

Mobil dijejali mesin berkode 2NRFE 1.500cc Dual VVT-i. Mesin dapat menyemburkan 105 tenaga kuda pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 4.200 rpm. Mesin dikawinkan dengan pilihan transmisi CVT atau manual 5 percepatan, plus paddle shift untuk versi CVT pada varian TRD Sportivo.

Suspensi mobil dan peredaman mobil sudah direvisi, sehingga kenyamanan mobil meningkat sekaligus membuat pengemudian mobil menjadi lebih rigid.

Spesifikasi Mesin Toyota Yaris 2018

Jenis/tipe 2NR-FE
Jumlah silinder 4
Jumlah katup 16
Isi silinder 1.496
Transmisi Manual dan CVT
Sistem penggerak FWD
Daya maksimum 107 HP/6.000 rpm
Torsi maksimum 14.3 Kgm/4.200 rpm
Distribusi bahan bakar Fuel injection

Fitur Toyota Yaris 2018

Dari sisi eksterior, Toyota Yaris dijejali headlamp dengan desain unik dengan aksen TRD red ring, stoplamp LED, seperangkat bodykit untuk varian TRD Sportivo, TRD rear spoiler, LED DRL.

Pada interior mobil, Yaris dijejali fitur-fitur seperti stir dengan audio dan TFT switch, paddle shift, MID/panel instrumen optitron, Sport/Eco mode switch, engine start stop, kunci pintu dengan suara yang bisa dipilih, Auto AC dengan digital display, hingga head unit terbaru dengan berbagai fitur terkini termasuk Miracast dan Weblink.

Sementara itu sisi keamanan mobil dijejali fitur seperti 7 airbag untuk semua varian, VSC, Hill Start Assist, ABD dengan EBD dan BA, ISOFIX, 3 point seatbelt dengan pretensioner dan force limiter serta struktur bodi yang menyerap energi benturan.

Kelebihan Toyota Yaris 2018

  • Desain lebih atraktif
  • Fitur makin melimpah
  • Mesin bertenaga dan efisien
  • Warna-warna baru
  • Fitur keselamatan lengkap

Kekurangan Toyota Yaris 2018

  • Bagasi kurang ergonomis
  • Belum mendapat generasi baru

Video Review Toyota Yaris 2018