Crossover Pertama di Indonesia Pada Generasi Kedua | REVIEW SUZUKI SX4 S-CROSS 2018

Crossover Pertama di Indonesia Pada Generasi Kedua | REVIEW SUZUKI SX4 S-CROSS 2018

By Wahyu Perdana Putera

Suzuki SX4 generasi pertama bisa dibilang adalah model crossover pertama yang masuk ke Indonesia. Saat itu SX4 X-Over bisa dibilang cukup sukses menjadi model yang berbeda di banding model lainnya di pasar. Versi sedan dari mobil bahkan kalah populer hingga penjualannya di-stop.

Pada generasi kedua, embel-embel X-Over lenyap dan menjadi S-Cross. Perubahan yang dibawa pada generasi kedua ini begitu menyeluruh dan pada pertama kali peluncurannya dibanderol seharga Rp246,9 juta untuk transmisi manual dan otomatis Rp259,9 juta.

Setahun berselang, Suzuki sadar wajah SX4 S-Cross kurang atraktif jika dibandingkan model lainnya yang beredar saat ini. Apalagi sebenarnya SX4 S-Cross Versi facelift pun meluncur, dengan tampang yang jauh lebih modern dan agresif serta dibekali sejumlah fitur yang tidak dimiliki model sebelumnya.

Suzuki SX-4 S-Cross 2018.jpg
Suzuki SX4 S-Cross
SX4 S-Cross telah muncul sejak 2017 silam sebagai crossover premium besutan Suzuki. Tampilan fisik SX4 terlihat lebih gagah dan stylish serta modern dari sebelumnya. Menggunakan mesin tipe M15A DOHC VVT Multipoint Injection berkapasitas 1,5 liter Suzuki SX4 S-Cross mampu menghasilkan tenaga mumpuni dalam performanya. Teknologi terbaru pun telah disematkan untuk menunjang keselamatan dan keamanan SX4 S-Cross.
Rating Keseluruhan: 2,6 /5 Bintang
Desain Interior 2 Bintang Spesifikasi Mesin 3 Bintang
Desain Eksterior 2 Bintang Konsumsi Bahan Bakar 3 Bintang
Fitur Kendaraan 3 Bintang Harga Untuk Kualitas 3 Bintang
Hasil rating tersebut berdasarkan pada penilaian subjektif penulis ulasan ini.

Eksterior Suzuki SX4 S-Cross 2018

Eksterior Suzuki SX-4 S-Cross 2018.jpg

Tampang Suzuki SX4 S-Cross dalam versi facelift makin kental dengan gaya khas Eropa. Perubahan paling kentara pada versi facelift ini adalah bagian gril yang tampak lebih dinamis dan menyatu dengan desain mobil, dibandingkan model sebelumnya.

Wajahnya makin macho berkat hadirnya headlamp yang kini berteknologi LED projector. Nuansa elegan terpancar berkat hadirnya aksen krom di beberapa titik bodi, misalnya pada bagian bezel fog lamp dan gril depan. Di bagian buritan, kesan ‘tough’ tampak dari penyematan skidplate di bawah bumper depan dan belakang bahkan samping.

Roof rail yang menjadi ciri desain dari SX4 generasi pertama juga kembali hadir di SX4 S-Cross. Velg alloy berdiameter 16 inci menyempurnakan tampilan mobil.

Spesifikasi Suzuki SX4 S-Cross 2018

Fitur LED Projector dengan DRL, Auto Leveling, & Headlights on
Fog Lamps
Roof Rails
Skid plate
Velg Alloy 16”
Auto rain sensor
4 Points parking sensor
LED Rear Combination Lamps
High Mount Stop Lamp
Dimensi Panjang 4.300 mm
Lebar 1.785 mm
Tinggi 1.595 mm
Tangki Bahan Bakar 48 Liter

Interior Suzuki SX4 S-Cross 2018

Interior Baris Depan SX-4 S-Cross 2018.jpg

Masuk ke ruang kabin, head unit 7 inci dengan layar sentuh menjadi pemandangan utama di dashboard, tepatnya di bagian di bawah kisi-kisi AC tengah yang dapat terintegrasi dengan smartphone dan bluetooth.

Material kabin pada versi facelift juga berubah dari fabric menjadi kulit. Namun, tingkat keempukan jok masih kurang, masih terasa keras untuk bisa dibilang nyaman. Headroom ruang kabin cukup oke, tetapi poin plus adalah pada legroom yang lega.

Ruang penyimpanan mobil terbilang banyak, termasuk cupholder. Tetapi untuk pendinginan ruang kabin tidak dilengkapi kisi-kisi yang biasanya diletakkan pada center console.

Pengaturan jok depan Suzuki SX4 S-Cross juga sudah dapat diatur tinggi rendahnya, tidak hanya maju mundur slide dan recline.

Performa Suzuki SX4 S-Cross 2018

Mesin Suzuki SX-4 S-Cross 2018.jpg

Suzuki SX4 S-Cross memang memiliki banyak kelebihan dari sisi fitur dan desain dari versi facelift-nya. Namun segala kelebihan mobil di aspek lainnya, seakan menutupi kekurangan utama yang banyak diabaikan konsumen di Indonesia: mesin.

Suzuki SX4 S-Cross dijejali mesin berkode M15A. Mesin ini tergolong ‘tua’ karena telah digunakan di beberapa model Suzuki yang terlebih dahulu hadir sebelumnya, bahkan termasuk SX4 generasi pertama dengan basic mesin yang masih sama. Selain dari generasi pertama SX4, M15A juga digunakan di Suzuki Swift bahkan Suzuki Aerio lawas yang sudah ada di Indonesia dari tahun 2003.

Mesin menghasikan tenaga 107 hp. Meskipun umur mesin tergolong tua, namun kinerjanya masih dapat sangat diandalkan terutama dengan hadirnya transmisi baru. Akselerasi mobil bahkan masih sangat oke dan dapat diandalkan untuk kebutuhan sehari-hari.

Keuntungannya dari masih disematkannya mesin yang berumur ini adalah ketersediaan sparepart yang tentunya sangat melimpah di pasar.

Berdasarkan review yang dilakukan Carmudi.co.id, catatan konsumsi bahan bakar yang dapat dirapih hingga 15 km/liter.

Spesifikasi Mesin Suzuki SX4 S-Cross 2018

Jenis/tipe M15A
Jumlah silinder 4
Jumlah katup 16
Isi silinder 1.491
Transmisi Manual dan otomatis dengan Torque Converter
Sistem penggerak FWD
Daya maksimum 107 HP/6.000 rpm
Torsi maksimum 138 Nm/4.400 rpm
Distribusi bahan bakar Multipoint injection

Fitur Suzuki SX4 S-Cross 2018

Suzuki SX4 S-Cross memiliki MID canggih dengan tampilan inverted agar tidak silau di malam hari dengan berbagai fungsi dan info yang ditampilkan. Sementara head unit 7 inci yang menjadi pemandangan utama di dashboard, adalah aftermarket bukan versi yang terintegrasi. Namun headunit ini dibuat seolah-olah buatan Suzuki. Passive keyless entry dan tombol start stop juga ikut hadir.

Fitur auto AC tentu akan memudahkan sekaligus meminimalisir distraksi saat pengemudian mobil, pun halnya dengan kemudi yang dibekali berbagai macam tombol fungsional sehingga memudahkan jangkauan pengemudi.  Pada bagian stir, terdapat banyak fungsi dari fungsi audio di sebelah kiri, hingga cruise control di sebelah kanan.

Kelebihan Suzuki SX4 S-Cross 2018

  • Desain versi facelift lebih aduhai
  • Fitur melimpah bahkan dibandingkan model sekelasnya
  • Harga sedikit lebih terjangkau
  • Ground clearance tinggi
  • Karakter hatchback yang kental dengan fungsionalitas crossover

Kekurangan Suzuki SX4 S-Cross 2018

  • Mesin lawas nan tua
  • Tenaga kurang besar
  • Varian sedikit