MPV Menengah yang Fenomenal | REVIEW WULING CORTEZ 2018

Wuling-Cortez.jpg

MPV Menengah yang Fenomenal | REVIEW WULING CORTEZ 2018

by Dimas Hadi

Geliat model MPV Menengah terus meningkat seiring kebutuhan kendaraan masyarakat Indonesia, begitu pun dengan Wuling Cortez 2018. Sebelumnya, Wuling sebagai produsen mobil asal Negeri Tiongkok yang masih berumur jagung itu telah lebih dulu meluncurkan MPV lainnya; Confero S. MPV yang cukup menyita perhatian publik karena harganya yang sangat murah tersebut menjadi awal eksistensi Wuling di Tanah Air.

Wuling Cortez 2018 menjadi pionir pertumbuhan angka penjualan Wuling saat ini. Selain itu pun Cortez diprediksi akan menjadi lawan yang sangat berat bagi para kompetitor di kelas yang sama. Dari data yang dihimpun oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), baru dua bulan (Januari dan Februari 2018) peredarannya, Wuling Cortez 2018 sudah berhasil bertengger di peringkat tiga dari lima model yang bersaing di kategori MPV menengah dengan torehan 816 unit terjual di seluruh Indonesia.

Wuling Cortez 2018 telah dibekali mesin berkapasitas 1,8 liter. Layout mesin penggerak roda depan yang disandingkan dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan AMT 5-percepatan ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 129 hp / 5.600 rpm serta torsi maskimum sebesar 174 Nm / 3.600-4.600 rpm.

Sekilas memang ada yang menarik yakni pada transmisinya. Wuling Cortez tersedia juga pilihan transmisi AMT atau Automated Manual Transmission. Buat yang belum tahu, AMT ini sebenarnya sudah digunakan juga di Suzuki Ignis dan Fiat 500. Sesuatu yang cukup fenomenal untuk MPV kelas menengah, bukan?

Wuling Cortez
Wuling Cortez digadang sebagai MPV berkualitas premium baik eksterior dan interiornya. Pasalnya, material terbaik telah dibekali pada setiap sudut kabinnya. Kenyamanan di dalamnya pun turut ditunjang dengan ruang yang lapang dan bergagai fitur pendukung lainnya. Beberapa media pun mengungkapkan bahwa Wuling Cortez bisa jadi MPV sejuta umat berikutnya, mengingat harganya yang terjangkau; mulai dari 220 juta saja.
Rating Keseluruhan: 4 /5 Bintang
Desain Interior 4 Bintang Spesifikasi Mesin 4 Bintang
Desain Eksterior 3 Bintang Konsumsi Bahan Bakar 3 Bintang
Fitur Kendaraan 4 Bintang Harga Untuk Kualitas 4 Bintang
Hasil rating tersebut berdasarkan pada penilaian subjektif penulis ulasan ini.
 

Eksterior Wuling Cortez 2018

  Tampilan eksterior Wuling Cortez 2018 memiliki desain lebih proper dibandingkan para kompetitornya.

Tampilan eksterior Wuling Cortez 2018 memiliki desain lebih proper dibandingkan para kompetitornya.

Dari luaran mungkin sekilas tidak tampak besar, namun nyatanya dimensi Wuling Cortez 2018 ini cukup gambot juga. Dimensi secara keseluruhan hampir mirip Toyota Kijang Innova namun agak lebih rendah. Ukuran tersebut karena konstruksinya sudah monokok alias body dan sasis sudah menjadi satu. Ditambah lagi, ukuran ban yang hanya 16 inchi dinilai terlalu kecil untuk body bongsornya.

Meskipun begitu, Wuling Cortez 2018 masih dinilai memiliki desain yang lebih proper dibandingkan MPV lain di kelasnya. Desain depan Cortez yang telah mengalami facelift dari desain sebelumnya yang beredar di negara asalnya; Baojun 730. Desain eksteriornya tampak atraktif dan lebih modern berkat lis krom serta grill radiator yang panjang. Untuk lampu di bawah sudah menggunakan DRL, lampu utamanya projektor LED, fog lamp halogen, dan lampu sen juga menggunakan LED. Di lampu belakang, semuanya juga menggunakan LED. Menariknya, lampu sen belakang akan menyala jika pintu belakang dibuka.

Wuling Cortez 2018 juga diberikan tambahan 4 sensor parkir. Tidak ketinggalan juga desain wiper-nya frameless menambah kesan premium eksterior.

Spesifikasi Eksterior Wuling Cortez 2018

Wuling Cortez 1.8C Wuling Cortez 1.8L
Panjang mm 4780
Lebar mm 1816
Tinggi mm 1755 (dengan Roof Rail)
Sumbu Roda mm 2750
Tread Depan mm 1546
Tread Belakang mm 1541
Radius Putar mm 5600
Kapasitas Tangki L 52
 

Interior Wuling Cortez 2018

  Desain interior Wuling Cortez 2018 mengusung tema dual tone sehingga menghadirkan kesan premium.

Desain interior Wuling Cortez 2018 mengusung tema dual tone sehingga menghadirkan kesan premium.

Sejauh ini Wuling Cortez 2018 masih tersedia 7-seater captain seat. Belum ada bocoran apakah akan muncul juga versi 8-seater atau material non-kulit untuk joknya sebagai varian paling rendah.

Tema dual tone di dalam kabin memberikan kesan luas daripada yang sebenarnya. Kembali bicara material, meskipun menggunakan bahan yang didominasi oleh bahan soft touch tapi ada beberapa detail yang kurang rapi terutama di bagian storage tertentu.

Wuling Cortez 2018 juga masih punya fitur menarik dan rasanya tidak bisa ditemukan pada mobil lain di kelas yang sama, yaitu sunroof. Meskipun pengoperasiannya masih manual dan perlu menahan tombol untuk membuka kacanya, tapi ini “Nice!

Beralih ke bagian MID yang tersemat di Wuling Cortez 2018, tampilannya sangat mengesankan untuk mobil sekelas ini. Ukurannya yang jumbo dan tidak mengkotak alias membulat mengikuti bentuk speedometer dan takometer, sekali lagi, menambah kesan premium dengan harga ekonomis.

Isi MID berukuran 7 inchi ini terbilang sangat lengkap. Mulai dari tekanan ban individual, dua trip meter, konsumsi bahan bakar rata-rata serta real time, speedometer digital, total waktu berkendara dan jarak yang bisa ditempuh serta masih banyak lagi. Bisa disimpulkan MID di Cortez ini sangat jauh meninggalkan kompetitornya yang bermain di segmen yang sama.

Head unit 8 inchi dengan bentuk floating ala MPV mewah sekarang ini juga tersedia di dashboard depan. Meskipun isinya sangat lengkap, namun kualitas layar sentuhnya masih lebih baik ketimbang Wuling Confero S.

 

Performa Wuling Cortez  2018

  Meskipun sempat diragukan di atas kertas, mesin berkapasitas 1,8 liter ini telah menjawab tantangannya.

Meskipun sempat diragukan di atas kertas, mesin berkapasitas 1,8 liter ini telah menjawab tantangannya.

Meskipun Wuling Cortez dibekali dengan berbagai fitur premium yang melimpah, mesin 1,8 liter yang tersematkan di dalamnya di atas kertas dianggap kurang greget. Namun, tak butuh waktu lama untuk pembuktiannya, Wuling Cortez menjawab dengan sesi test drive ke dataran tinggi Bromo, Jawa Timur.

Hasilnya, dengan tanjakan rata-rata 40 derajat mampu dilewati Cortez. Memang bukan tanpa kendala, terutama saat tanjakan ekstrem dan dilanjut dengan belokan tajam. Akibatnya traksi ban belakang menjadi sangat minim dan membuat ban depan terus-menerus berputar.

Oleh karena itu, dengan keluaran tenaga masksimum sebesar 129 hp / 5.600 rpm dan torsi maskimum sebesar 174 Nm / 3.600-4.600 rpm benar-benar hanya di atas kertas. Transmisi AMT benar-benar sangat membantu Wuling Cortez menjadi mobil keluarga yang mampu melibas medan-medan ekstrem.
Untuk hasil konsumsi bahan bakarnya, melalui hasil uji tim Carmudi mencatatkan 1:9 di medan serba menanjak. Sedangkan hasil kombinasi perjalanan dalam dan luar kota (tol) tercatat 1:12.

Spesifikasi Mesin Wuling Cortez 2018

Wuling Cortez 1.8C Wuling Cortez 1.8L
Tipe Mesin 4 Cyl in-Line DOHC, VVT-i
Kubikasi cc 1798
Tenaga Maksimal Hp/rpm 129 / 5600
Torsi Maksimal Nm/rpm 174 / 3600-4600
Bahan Bakar Bensin
 

Fitur Wuling Cortez  2018

  Wuling Cortez 2018 dibekali fitur melimpah dengan harga murah.

Wuling Cortez 2018 dibekali fitur melimpah dengan harga murah.

Rasanya tidak akan ada habisnya untuk membahas fitur Wuling Cortez ini. Saking banyaknya fitur yang tersematkan, rasanya ini jadi "over spec" untuk MPV menengah dengan harga sangat miring. Mungkin lebih mudahnya bisa menyebutkan fitur apa saja yang belum ada. Kekurangan pertama belum adanya keyless entry, start-stop button, dan setir teleskopik.

Untuk safety, Cortez dilengkapi dengan 4 airbag di depan dan samping depan. Di sistem pengereman, seluruh roda depan belakang sudah menggunakan cakkram dengan ABS, EBD, BA, HHC, AVH dan ESC. Tak ketinggalan, dua titik ISOFIX pun melengkapi safety Cortez ini.


Kelebihan Wuling Cortez  2018

  • Harga murah
  • Fitur melimpah
  • Desain eksterior dan interior sangat terkesan premium
  • Konsumsi bahan bakar irit dibandingkan model lain di kelas yang sama

Kekurangan Wuling Cortez  2018

  • Performa mesin kurang bertenaga
  • Belum ada keyless entry, start-stop button, dan setir teleskopik
     
 

VIDEO REVIEW WULING CORTEZ 2018